Senin, 12 Desember 2011

Spesifikasi Timbangan Laboratorium

Persis seperti namanya, timbangan laboratorium selalu digunakan dan dimanfaatkan baik di sekolah, universitas kedokteran, maupun di laboratorium kimia dalam keperluan riset dan pengembangan. Timbangan laboratorium memiliki fungsi yang kompleks, yakni kemampuan menghitung berat dari sebuah objek fisik ataupun objek berupa elemen – elemen kimia. Timbangan jenis ini amat diperhatikan, agar tidak pernah terjadi kesalahan dalam pengukuran ketika digunakan. Pembacaan yang kerap kali keliru akan dapat menyebabkan efek yang cukup signifikan tentunya. Ini semua dapat terjadi dikarenakan oleh gesekan, perubahan daya gravitasi, daya apung, penguapan, kondensasi, ataupun gangguan seismik atau pergeseran lapisan lempeng bumi.

Saat ini, terdapat dua tipe timbangan laboratorium yang sangat familiar di kalangan aktor – aktor laboratorium, adalah analytical balances dan top-loaders. Anda memiliki pilihan tersendiri untuk menentukan yang mana timbangan yang anda butuhkan saat ini. Timbangan laboratorium pun memiliki varian warna dan layar sentuh yang beraneka ragam, anda hanya perlu memilih mana timbangan yang sesuai dengan selera anda, tentu agar di saat menggunakannya pun anda merasa bersemangat.

Mikroprosessor di dalam timbangan jenis ini memberikan tingkat akurasi pembacaan yang amat tinggi. Pengoperasian dari timbangan jenis ini lebih banyak yang tidak melibatkan tangan atau hands-free, opsi pengoperasian seperti ini memiliki kelebihan tersendiri yakni dari sisi waktu dan kemudahan. Waktu anda tentu tidak perlu banyak terbuang dalam mengoperasikan timbangan laboratorium, dan anda pun akan merasakan kenyamanan serta kemudahan dalam pengoperasian timbangan ini.

Semua timbangan, baik itu timbangan laboratorium, timbangan emas, atau timbangan lainnya di dunia ini tentu memiliki batasan memori atau kemampuan pemrosesan data. Namun dalam kasus timbangan laboratorium, terutama timbangan yang bertipe digital, hal ini sudah dapat diatasi dengan kehadiran paket – paket software yang sangat variatif dan dapat mengkoneksikan diri ke dalam jaringan laboratorium dalam keperluan pengotomasisasian data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar